Aksi Tolak Kepala Desa Pesing Berujung Unjuk Rasa

aangkediri, 05 Jul 2018,
Share w.App T.Me

KEDIRI. Kantor Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri dipadati ratusan masaa yang mengatasnamakan warga Desa Pesing dan salah satu LSM dengan melakukan unjuk rasa menolak Kepala Desa Pesing yang berstatus PNS Pemkab Kediri. Aksi penolakan Plt Kepala Desa ini didasari atas status sang Kepala Desa yang notabene bukan warga Desa Pesing dan merupakan hasil penujukkan dari Pemkab Kediri, kamis (05/07/2018)

Menurut laporan Danramil Purwoasri Kapten Inf Sutrisno, aksi yang dipimpin Khoirul Anam, melakukan orasinya dengan menuntut Camat Purwoasri untuk dicopot dari jabatannya dan warga Desa Pesing menuntut hak memilih Kepala Desanya sendiri. Selain itu, ada orasi lagi dari salah satu LSM yang meminta Camat Purwoasri mundur dari jabatannya dan menyuarakan masyarakat Kediri untuk tidak mau dibodohi oleh dinasti Kediri.

Koramil 17/Purwoasri dan Polsek Purwoasri melakukan pengamanan di seputaran kantor kecamatan Purwoasri, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban, baik terkait dengan fasilitas umum maupun kenyamanan warga sekitar.

Dalam orasi tersebut, terlihat beberapa slogan bertuliskan hati-hati di wilayah kandang macan, jangan kau injak inspirasiku, Rangga bukan aspirasiku desaku Pesing, tolak Rangga harga mati, pak camat ayo ngopi, jangan semena-mena dan cabut kembali Plt Kades Pesing.

Sebelumnya, sekitar pukul 08.00 wib ,massa berangkat dari titik kumpul di balai desa Pesing dan selang sekitar 30 menit kemudian ,massa sudah tiba di depan kantor kecamatan Purwoasri.

“Bapak camat harus minggat dari Purwoasri dan bapak camat hari ini harus copot dan keputusan pengangkatan Kepala Desa Pesing dari PNS Pemkab Kediri harus dibatalkan. Kalau tidak dibatalkan bapak camat hari ini juga harus dicopot dan apabila camat hari ini tidak mau menemui kami, maka lusa kami mengepung kantor kecamatan Purwoasri,” kata Ismirah salah satu peserta aksi unjuk rasa tersebut.

Arief, salah satu warga Desa Pesing, menyatakan menolak Keras terhadap Plt Kades yang bukan dari warga masyarat Desa Pesing, serta berharap agar Camat Purwoasri  berkomunikasi kepada pihak kabupaten kediri untuk melakukan pembatalan proses pelantikan Plt Kades Pesing.

Aksi unjuk rasa ini berakhir dengan damai, hingga pada akhirnya mereka membubarkan diri kembali ke rumahnya masing-masing. Hingga berita ini diturunkan ,proses pelantikan Plt Kepala Desa di kantor Kecamatan Purwoasri, tetap dilangsungkan hingga selesai. (aang)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu