Babinsa Koramil Kota Ikut Membantu Pemadaman Kebakaran Jembatan Lama Brawijaya Kediri

aangkediri, 12 Dec 2018, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Kediri. Asap mengepul diantara sela-sela kayu trotoar dan kayu penyangga dasar jembatan lama Brawijaya, beruntung kesigapan PMK Kediri, sukses memadamkan api yang mulai terlihat menyala. Kebakaran yang terjadi di jembatan lama Brawijaya ini, diduga akibat puntung rokok yang masih menyala dan mengenai penyangga dasar jembatan. rabu (12/12/2018)

Sebagaimana laporan Danramil Kota, Kapten Arm Bangun Budi Adi, saat kebakaran yang terjadi di jembatan lama Brawijaya, Koramil 01/Kota menurunkan 4 orang untuk membantu Satpol PP Kota Kediri dan PMK Kediri.

Kebakaran itu sendiri terjadi antara pukul 18.00 hingga 19.00 wib, dan menurut keterangan warga yang melintasi jembatan tersebut, sebelumnya asap terlihat mengepul tipis disela-sela trotoar kanan kiri jembatan. Api baru bisa dipadamkan antara pukul 19.30 hingga 20.00 wib.

Dari penjelasan Kapten Arm Bangun Budi adi, kayu-kayu yang ada di bagian jembatan lama Brawijaya memang mudah sekali terbakar dan kesadaran warga untuk tidak membuang sembarangan puntung rokok yang masih menyala menjadi perhatian khusus. Selain bisa menyebabkan kebakaran di jembatan lama Brawijaya, kebersihan menjadi alasan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Lanjutnya, tidak sekali ini saja jembatan lama Brawijaya ini terbakar, kejadian kebakaran di jembatan ini sudah berulang kali terjadi dan diduga, lagi-lagi puntung rokok yang masih menyala adalah penyebabnya.

Menurut keterangan Babinsa Pakelan, Kopka Lasubur, kebakaran yang terjadi malam hari tersebut, diduga akibat puntung rokok yang masih menyala dan mengenai kayu pada bagian jembatan. Dugaan sementara, kayu bagian jembatan dalam kondisi kering, sehingga mudah sekali terbakar.

Kayu-kayu pada bagian jembatan yang tadinya terbakar, kemudian disemprot agar basah. Penyemprotan tidak hanya dibagian kayu yang terbakar saja, tetapi disekitarnya juga, termasuk trotoar dan penyangga yang berbahan kayu.

Jembatan ini sendiri sudah ada sejak tahun 1869 dan sudah banyak renovasi disana-sini, tetapi secara keseluruhan, bentuk maupun bahan dasarnya masih dipertahankan. Jembatan ini menghubungkan Kecamatan Kota dengan Kecamatan Pesantren, yang terhalang oleh aliran Sungai Brantas. (aang)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu