Bincang Santai Danramil Pesantren Bersama Pengurus Ponpes Tri Barokah

aangkediri, 18 Jan 2019,
Share w.App T.Me

Kediri. Danramil Pesantren, Kapten Kav Suradi meluangkan waktunya untuk bertatap muka langsung dengan santri-santri Pondok Pesantren Tri Barokah, dan kedatangannya disambut Sadiman, selaku pengurus Ponpes Tri Barokah. jumat (18/1/2019)

Dari pertemuan tersebut, Kapten Kav Suradi berbincang santai dengan Sadiman di areal Ponpes yang dihuni 276 santri dari berbagai daerah. Perbincangan tersebut, lebih condong eksistensi santri-santri di Ponpes tersebut, baik rutin maupun non rutin.

Di awal perbincangan, Kapten Kav Suradi menanyakan bagaimana Ponpes mampu menyediakan makan dan minum secara rutin. Hal ini dipertanyakan, lantaran jumlah santri di Ponpes tersebut mencapai lebih dari 200an dan dibutuhkan kemampuan ketersediaan logistik maupun kecepatan untuk mempersiapkannya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Sadiman menjelaskan, bagaimana Ponpes mampu menyediakan logistik dalam jumlah besar, bagaimana mengatur pola makan yang tepat dan bergizi, serta ketersediaan logistik selalu tepat waktu alias tidak pernah terlambat. Disamping itu, penyiapan makan dan minum, tidak dilakukan oleh pengurus Ponpes saja, tetapi santri-santri juga.

Mengenai pola makan, hal ini sudah diatur dan tercatat dalam jadwal harian hingga mingguan. Menu makanan apa saja yang bakal dikonsumsi santri-santri, juga diatur sedemikian rupa, sehingga kesehatan santri benar-benar terjaga.

Ia menambahkan, tiap santri dibagi beberapa kelompok saat makanan dibuat, dari yang mengolah, menyiapkan hingga mengaturnya. Pengaturan santri yang terbagi dalam beberapa kelompok tersebut, dilakukan untuk mempercepat penyajian makanan, lantaran makanan tersebut dikonsumsi oleh 200an orang lebih.

Kapten Kav Suradi kembali menanyakan, bilamana ada pihak keluarga yang hendak mengunjungi santri-santri dan bagaimana solusi penempatan pihak keluarga, bila berniat bermalam.

Menjawab pertanyaan tersebut, Sadiman menjelaskan, bahwa pihak Ponpes sudah menyiapkan bangunan khusus bagi pihak keluarga yang hendak mengunjungi santri-santri maupun bermalam. Lokasi bangunan tersebut masuk dalam areal Ponpes, dan hal ini dikaitkan agar pihak keluarga mengetahui secara jelas, bagaimana aktifitas santri-santri saat belajar ilmu agama maupun menjalankan aktifitas lainnya.

Mendengar berbagai jawaban dari Sadiman, Kapten Kav Suradi mengaku salut dan mengapresiasi positif atas penataan jadwal, makan maupun ketersediaan ruang bagi pihak keluarga santri, dari pihak Ponpes. Jawaban yang disampaikan Sadiman, menurutnya sangat singkat dan jelas, serta mudah dimengerti. (aang)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu