Danramil Kandangan Ingatkan Identitas Bangsa Lewat Buka Puasa Bersama

aangkediri, 04 Jun 2018, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KEDIRI. Buka puasa bersama yang diselenggarakan Pondok Pesantren Darusalam Gontor Putri 5, makin menambah suasana bulan Ramadhan dalam kebersamaan. Acara yang berlangsung di halaman Ponpes Darusalam Gontor Putri 5 yang berlokasi di Desa kemiri Kecamatan Kandangan ini dihadiri Danramil Kandangan Kapten Czi Kustoyo, Kapolsek Kandangan AKP Eka Purnama, Camat Kandangan Sunar Utomo serta Babinsa dan Babinkamtibmas setempat. Selain Muspika Kandangan, buka puasa bersama ini juga diikuti tokoh agama, masyarakat dan Kepala Desa se-Kecamatan Kandangan, senin (04/06/2018)

Dalam sambutannya, AKP Eka Purnama menghimbau kepada warga untuk tidak membeli  atau menggunakan benda-benda yang berbahaya bagi sendiri maupun orang lain, seperti petasan.

“Suara petasan itu jelas-jelas sangat mengganggu kenyamanan orang lain, mungkin pada waktu itu disekitarnya ada orang yang sedang beribadah, sedikit banyak bunyi petasan itu sangat mengganggu. Selain mengganggu kenyamanan orang lain, petasan juga sangat membahayakan orang lain dan diri sendiri,” tuturnya.

Menurutnya, benda-benda tersebut selain membahayakan, juga sangat identik dengan pemborosan keuangan dan tidak ada manfaat yang bisa diambil. Ia juga berharap,lebih baik uang tersebut disumbangkan kepada orang lebih membutuhkan, terutama disekitar lingkungannya daripada hanya sekedar membeli petasan.

Selain itu, Kapten Czi Kustoyo juga mengingatkan kepada warga untuk tidak mudah diombang-ambingkan pengetahuan atau wawasan yang sangat keliru, terkait Pancasila. Ia sangat menyesalkan apabila ada orang yang nyata-nyata mengganggap Pancasila bertentangan dengan keyakinannya.

“Sangat tidak relevan kalau sebagai warga Negara Indonesia, kita memperdebatkan Pancasila, benar atau tidaknya menurut keyakinannya. Pancasila itu ada, atas dasar pemikiran pendiri bangsa kita dan Pancasila sangat tidak menyentuh atau mengganggu keyakinan seseorang,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan sedikit banyak historis dari lahirnya Pancasila, yang baru saja diperingati seluruh warga Negara Indonesia, baik dasar keterkaitan sila-sila dengan tatatanan kehidupan sosial masyarakat hingga upaya merubah Pancasila dari masa ke masa.

Sementara itu dalam tausiyahnya ,Ustadz H.Hamim Syuhada yang juga selaku pengasuh Ponpes Darusalam Gontor Putri 5 menjelaskan secara gamblang, makna berpuasa di bulan Ramadhan ,sekaligus implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. (aang)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu