Harmonisasi Kerukunan Antar Umat Beragama Saat Malam Natal Di Kediri

aangkediri, 24 Dec 2018,
Share w.App T.Me

Kediri. Ibadah malam Natal secara serentak diadakan gereja-gereja yang tersebar di Kediri dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kediri tak mau melewatkan begitu saja. Ada 4 Gereja yang disambangi Forkopimda Kediri, dan kunjungan diawali di GPIB Immanuel yang berlokasi diseputaran Taman Sekartaji, selanjutnya GBI Karunia yang berlokasi di Kelurahan Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Gereja St.Vincentius yang berlokasi di jalan Veteran dan berakhir di GKI Kediri yang berlokasi di jalan Yos Sudarso. senin (24/12/2018)

Seperti biasa, Walikota Kediri Abdullah Abubakar, Danbrigif 16/WY Kolonel Inf Slamet Riyadi, Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Kapolresta Kediri AKBP Anton Haryadi dan Dansubdenpom Kediri Kapten Cpm Mustofa, mengucapkan selamat Hari Natal kepada seluruh jemaat Gereja yang mereka kunjungi.

Selain itu, Forkopimda Kediri secara simbolis lewat Walikota Kediri, menyerahkan cinderamata berupa pohon cemara atau Natal kepada pendeta (Protestan) atau Romo (Katolik) disetiap akhir kunjungan.

Di Gereja St.Vincentius, Walikota Kediri berpesan kepada seluruh jemaat, agar tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. Terkait kondisi terkini di Kota Kediri, ia menyampaikan hal-hal yang berhubungan erat dengan harmonisasi umat beragama yang berlangsung hingga saat ini, seperti menghormati dan menghargai ibadah umat beragama maupun mewujudkan kenyamanan dan ketenteraman di lingkungan masyarakat.

Selain itu, Walikota Kediri mengingatkan betapa pentingnya peran FKUB ditengah-tengah kehidupan masyarakat yang majemuk dan beragam. Keberadaan FKUB, menurutnya, sangat penting sebagai jembatan lintas agama dan menghubungkan segala permasalahan untuk diselesaikan dengan solusi yang tepat.

Demikian juga peran TNI dan Polri, bagi Walikota Kediri, hal ini tidak bisa dipisahkan, khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya hari-hari besar keagamaan, termasuk Hari Natal ini. Menurutnya, kota yang aman, akan menjadi perhatian khusus bagi investor atau pengusaha untuk meliriknya, sekaligus menjadikannya tempat usaha, otomatis lapangan kerja akan tercipta.

Di GKI Kediri, Walikota Kediri berharap seluruh warga Kediri lebih mengedepankan persamaan ketimbang perbedaan, karena dengan persamaan itulah, persatuan dan kesatuan di Kota Kediri tetap terjaga, sekaligus menjadikan Kota Kediri sebagai kota yang aman dan damai.

Senada hal tersebut, Pendeta Daud Adi Prasetya, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Forkopimda Kediri yang berkenan mengunjungi Gerejanya bertepatan dengan ibadah malam Natal. Baginya, persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga, sekaligus mewujudkan kerukunan antar umat beragama ditengah-tengah kehidupan masyarakat. (aang)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu