KODIM 0702/PURBALINGGA LAKSANAKAN BINSIAP APARAT KEWILAYAHAN DAN PUANTER

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAMILITER.COM : Dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0702/Purbalingga gelar kegiatan Pembinaan Kesiapan (Binsiap) Aparat Kewilayahan (Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan I TA. 2018 bertempat di Aula Makodim 0702/Purbalingga.(15/5)

Pembukaan sosialisasi Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Bin Siap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puan Ter), Kodim 0702/Purbalingga Bidang Teritorial TW I TA. 2018, secara resmi dibuka Kapten Inf D S Cahyadi (Danramil 05/Bukateja) mewakili Komandan Kodim 0702/Purbalingga. Kegiatan juga dihadiri Pasi Puan Ter Rem Korem 071/Wijaya Kusuma Mayor Inf M Saing.

Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter berlangsung selama 2 hari, diikuti Staf Makodim, Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0702/Purbalingga sebanyak 115 orang.

Dalam pengarahannya Mayor Inf M Saing menyampaikan tentang pentingnya sosialisasi ini kepada prajurit Kowil agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan.
Kapten Inf D.S Cahyadi juga menambahkan bahwa "Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesaman langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas", tegas Danramil 05/Bukateja yang dalam hal ini mewakili Dandim 0702/Purbalingga.

Sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2014 tentang TNI, khususnya pasal 8 point d berbunyi bahwa Angkatan Darat bertugas "Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat". Untuk itu tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang diperankan oleh TNI khususnya Komando Kewilayahan (Satkowil) yang tergelar di wilayah salah satunya direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial. Kemudian untuk mendukung kegiatan Binter tersebut dilaksanakanlah upaya peningkatan kemampuan Apkowil melalui kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter yang diselenggarakan setiap triwulan

Index Berita