Koramil Mojoroto Membuat Tantangan Outbond Di Lereng Gunung Klotok

aangkediri, 09 Jan 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Kediri. Sebagai guru, tentu akan merasa senang melihat anak didiknya mampu menyelesaikan tantangan demi tantangan, apalagi tantangan itu tidak sekedar harus diselesaikan, tetapi harus dilakukan secara bersama-sama.

Diutarakan Purnomo, guru SMK PGRI 1 Kediri, ada tantangan yang harus dilewati anak didiknya dan ini perlu optimis. Menurutnya, tanpa optimis, sangat sulit tantangan itu dilewati. Ini yang dilihatnya, saat mengawasi anak didiknya mengikuti outbond di lereng Gunung Klotok atau berdekatan dengan lokasi Goa Selomangleng. rabu (9/1/2019)

"Sangat menantang, ini sangat menantang. Tantangan ini tidak bisa dilewati tanpa optimis, optimis itu perlu, optimis bisa melewati tantangan," kata Purnomo.

Selain optimis, kekompakan adalah hal yang utama, guna menghadapi tantangan tersebut. Tiap kekompakan ada kerjasama dan sebagai guru, ia melihat hal itu ketika anak didiknya menghadapi tantangan itu.

"Kekompakan sangat penting. Tanpa kekompakan, menghadapi tantangan-tantangan itu berat. Ada kekompakan harus ada kerjasama. Saya melihat itu," jelas Purnomo.

Outbond sejatinya bukan sekedar game yang harus dilakoni seluruh peserta, tetapi ada motivasi tersendiri dibalik seluruh game tersebut, yaitu pantang menyerah, percaya diri dapat menjalaninya dan tidak mengenal pesimis.

"Outbond ini tidak cuma game yang harus dimainkan, tapi ada sisi motivasi. Motivasinya ada disemua game. Anak-anak diajak untuk tidak pantang menyerah, percaya diri, tidak pesimis," ungkap Purnomo.

Menanggapi berbagai game yang harus diikuti anak didiknya, ia menilai semua game sangat mendidik, terutama mental. Ia menegaskan, setiap permasalahan harus diselesaikan, bukan malah terjadi pembiaran.

"Sangat mendidik, bagus. Anak-anak bisa terlatih mentalnya. Masalah itu diselesaikan, tidak dibiarkan. Ini yang diselesaikan anak-anak," ujar Purnomo.

Outbond ini diikuti 126 siswa siswi SMK PGRI 1 Kediri dan dilatih langsung Serma Rudi, Serka Bambang serta Serka Santoso. Pelaksanaan outbond yang diadakan di lereng Gunung Klotok atau berdekatan dengan lokasi Goa Selomangleng ini, dibawah pengawasan langsung Danramil Mojoroto Kapten Czi Muklasin. (aang)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu