Pendidikan Bela Negara Lewat Wawasan Kebangsaan Bersama Koramil 03/Mojoroto

aangkediri, 19 Dec 2018,
Share w.App T.Me

Kediri. Koramil 03/Mojoroto bersama Pondok Pesantren Al Ishlah mengadakan wawasan kebangsaan yang diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut. Pondok Pesantren yang berlokasi di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri ini, menjadi tempat santriawan santriwati dari berbagai daerah, untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. rabu (19/12/2018)

Sebagai nara sumber wawasan kebangsaan, Pelda Suparno, mengajak seluruh santriawan santriwati Ponpes Al Ishlah untuk mengetahui lebih jauh, mengapa Indonesia memegang teguh ideologi Pancasila.

Sebelum memasuki session berikutnya, Pelda Suparno menjelaskan satu persatu penjabaran dari sila-sila yang ada pada Pancasila, dari sila pertama hingga sila kelima. Menurutnya, Pancasila sudah mewakili segala hal yang terdapat diseluruh daerah, baik dari Sabang sampai Merauke, maupun berbagai latarbelakang.

Pancasila, sama sekali tidak bertentangan dengan ajaran agama manapun, karena Pancasila bukan tuntunan agama, melainkan ideologi bangsa. Hal ini dipastikan, lantaran Pancasila justru mensupport seluruh agama-agama beserta penganutnya, sebagaimana tercantum dalam sila pertama.

Mengenai bendera merah putih, Pelda Suparno menjelaskan, bahwasannya menghormati bendera itu berbeda dengan menyembah atau memberhalakan. Menghormati bendera merah putih sebagai sinyal menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan nyawanya demi bangsa dan negara, sekaligus menjadi identitas suatu negara.

Disamping itu, ada UUD 1945, dimana dalam semua pasal-pasalnya, merupakan pedoman bagaimana menjadi warga negara yang baik, serta mengikuti segala aturan yang sudah ditetapkan. Pelda Suparno menambahkan, UUD 1945 bukanlah kitab suci dan sama sekali tidak bertentangan dengan agama manapun, karena memang antara undang-undang dasar dengan kitab suci jauh berbeda.

Selain wawasan kebangsaan, Serma Didik yang turut mendamping wawasan kebangsaan tersebut, mengajak santriawan santriwati untuk mencermati potensi Pramuka ditengah-tengah masyarakat, khususnya di Kediri ini. Pramuka, banyak sekali dampak positifnya, selain mendidik untuk hidup mandiri, juga melatih mental dan kebersamaan. (aang)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu