Ratusan Pelajar Ikuti Tantangan Outbond Training Di Ngrangkah Sepawon

aangkediri, 24 Mar 2019,
Share w.App T.Me

Kediri. Kawasan lereng Gunung Kelud menjadi lahan menempa 124 siswa siswi SMAN 3 Kota Kediri dalam outbond training yang merupakan hasil kerjasama dengan Kodim 0809/Kediri. Selama 2 hari lamanya, Kodim 0809/Kediri menggembleng siswa siswi SMAN 3 Kota Kediri di lereng Gunung Kelud, tepatnya di kawasan Ngrangkah Sepawon, Plosoklaten, Kabupaten Kediri, dan tercatat 124 siswa siswi kelas 10 yang mengikutinya. minggu (24/3/2019)

Dijelaskan Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Kediri Aris Susanto, Ia sangat yakin, Kodim Kediri bakal mampu melatih anak didiknya, khususnya penerapan kedisiplinan saat menjalankan outbond training. Disamping itu, ia optimis, anak didiknya bisa menjaga kekompakan dan kebersamaan selama 2 hari berturut-turut di Ngrangkah Sepawon ini.

“Kami percaya Kodim (Kediri) bisa mendidik anak-anak kami, melatihnya, agar anak-anak kami bisa menerapkan kedisiplinannya di sekolah, di rumah. Outbond training ini, tidak hanya mendidik kedisiplinan, ada kebersamaan, kekompakan,” kata Aris Susanto.

Ditambahkannya, Berbagai kegiatan di kawasan lereng Gunung Kelud ini sengaja dilakukan SMAN 3 Kota Kediri untuk menggembleng mentalitas siswa siswi. Dengan digemblengnya mental siswa siswi, diharapkan akan menjadi “Metal Body” dan tahan segala permasalahan, serta mencari solusinya.

Aris Susanto berkomitmen untuk menggembleng anak didiknya di lokasi ini dengan berbagai pertimbangan, dan merujuk pada lokasinya sendiri, sangat cocok dijadikan tempat outbond training.

Sementara itu, Tata dan Astika, keduanya siswa siswi SMAN 3 Kota Kediri mengomentari keberadaan kegiatan yang berlokasi di lereng Gunung Kelud ini.

Menurut Tata, ada hal yang positif didapatnya bersama teman-temannya dari mengikuti kegiatan tersebut. "Dengan adanya outbond training ini, kita dapat ilmu dari bapak-bapak Kodim. Ilmu tentang kerjasama, keberanian, kedisiplinan, cinta tanah air,” kata Tata,

Senada hal itu, Astika optimis, kegiatan ini bisa berdampak bagi peningkatan kebersamaan dan komunikasi. "Selama saya mengikuti outbond, di sekolah atau disini, saya bisa melatih kebersamaan dengan orang lain. Selain itu, saya bisa melatih komunikasi dengan sesama teman, dengan orang yang disini," kata Astika.

Masih ditempat yang sama, Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito menurunkan 20 orang untuk melatih, sekaligus membina ratusan siswa siswi di Ngrangkah Sepawon ini. 10 orang ditugaskan secara khusus untuk mengajari HTF, 4 orang ditugaskan untuk mengarahkan outbond dan 6 orang lainnya bertugas ganda.

Tantangan terberat di saat musim hujan ini adalah hujan yang sering turun. Selain itu, jalanan yang masih berwujud jalan seta[ak, menjadi rintangan tersendiri bagi ratusan siswa siswi tersebut. Disamping itu, suhu udara dilokasi yang berada didataran tinggi ini cukup dingin dan tentunya jauh berbeda ketika berada di perkotaan yang notabene berada di dataran rendah. (aang)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu